Header Ads

Dana Renovasi Gaza Masih Cair 40%

Pemerintah Rekonsiliasi Palestina menyatakan, negara-negara donor yang pernah berjanji memberikan kontribusi dalam merenovasi Jalur Gaza  pasca agresi Israel tahun 2014 masih memberikan 40% saja dari komitmen mereka.

Tim Nasional Palestina Untuk Rekontruksi Jalur Gaza  menegaskan dalam laporannya, total dari yang dibayarkan hingga sekarang dari janji negara donor mencapai 1.409 juta USD atau 40% dari total komitmen dan masih tersisa 3.507 juta dolar.

Laporan menegaskan, bantuan dari pemerintah Kuwait sampai saat ini masih terbesar di banding negara lain dalma bidang rekontruksi senilai 200 juta USD.

Pemerintah Rekonsiliasi Palestina beberapa saat lalu juga sudah sepekat dengan Islamic Develoment Banck dan Negara Qatar untuk mendanai proses rekontruksi secara khusus bagi rumah-rumah warga yang luluh lantak total akibat agresi Israel.

Sebanyak 171 ribu unit hunian di Jalur Gaza rusak dalam agresi Israel. untuk kerusakan infrastruktur umum kerugian mencapai 88 juta USD dan sudah direnovasi sebanyak 24%.

Kerugian di bidang pertanian mencapai 266 juta USD dan pemerintah Palestina sudah membantu menyalurkan 75,4 juta USD untuk mendanai 12 proyek saja.

Fasilitas sektor ekonomi yang sudah rusak mencapai 5143 fasilitas dengan nilai kerugian 152 juta USD.

Meski terjadi kelambatan rekontruksi, namun laporan ini mengisyaratkan adanya kemajuan dalam sektor pendidikan dimana sudah dicapai 96% dalam renovasi sekolah, 100% sekolah milik UNRWA PBB sudah selesai, 50% lembaga pendidikan tinggi, 66% sekolah TK. Total sekolah yang rusak mencapai 259 sekolah baik milik pemerintah atau milik PBB. (at/melayu.palinfo.com)

No comments

Silakan Berkomentar Atau Kasih Keritikan Dengan Sopan Dan Santun

Powered by Blogger.